Jumat, 03 Mei 2013

Rangkaian Elektronika



Rangkaian Elektronika



Artikel kali ini saya ingin membahas mengenai rangkaian elektronika. Telah cukup banyak yang saya bahas pada artikel-artikel sebelumnya, tetapi setelah saya lihat-lihat, ternyata saya belum membahas apa itu rangkaian elektronika. Nah sebelum saya melangkah lebih jauh, pertama-tama coba kita lihat daleman computer atau pesawat televisi. Kita bisa lihat di dalamnya sederetan benda-benda asing yang terpasang pada sepasang papan rangkaian tercetak. Benda-benda tersebut ada yang berbentuk bulat panjang, kotak panjang, persegi empat, ada yang pipih dan banyak pula yang bentuknya unik. Benda-benda tersebut letaknya tersusun rapih dan berderetan, cukup menarik untuk dilihat. Benda-benda tersebut adalah yang dinamakan komponen elektronika, seperti resistor, kapasitor, diode, transistor, IC dan komponen-komponen lainnya.
Dari uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa rangkaian elektronika adalah suatu rangkaian yang terdiri dari bermacam-macam komponen elektronika yang disusun sedemikian rupa agar dapat berfungsi sesuai dengan keinginan si perancangnya.
Pada dasarnya, di bidang elektronika, terutama mengenai bagaimana merangkain suatu alat elektronika, semua komponen elektronika tidak digambarkan dalam bentuk fisik yang nyata, tetapi dituangkan dalam bentuk gambar skema, yang disebut skema elektronika.
rangkaian elektronika
Seperti gambar diatas, semua komponen tidak digambarkan secara nyata, tetapi hanya dalam bentuk lambang, kode, symbol, dan tanda-tanda lainnya yang masing-masing mempunyai arti sendiri-sendiri.
Dalam membuat rangkaian elektronika, berdasarkan pengalaman, biasanya orang beranggapan bahwa dengan memasang beberapa buah komponen sesuai dengan gambar skema rangkaian, ia akan merasa yakin bahwa percobaanya akan berhasil dengan baik. Secara teknis mungkin saja bisa berhasil secara kebetulan, tetapi bila mengalami kegagalan maka ia tidak bisa berbuat apa-apa.
Dalam belajar rangkaian elektronika, selain harus bisa membaca gambar skema rangkaian, juga harus memahami jenis komponen yang akan digunakan dalam rangkaian elektronika yang akan dibuatnya. Selain itu harus diperhatikan juga alat pendukung yang lainnya yaitu alat bantu seperti obeng, tang, solder, gergaji, palu, dan lain-lain.
Perlu juga diketahui bahwa komponen elektronika yang ada di pasaran, pada umumnya tidak selamanya dalam kondisi baik. Komponen yang akan digunakan sebaiknya diperiksa dulu dengan alat ukur yang disebut AVO meter atau multi meter. Alat ini mutlak diperlukan bagi anda bila mau merangkai sebuah alat elektronik. Karena bila tidak di test dulu dengan alat ukur tersebut, kemungkinan gagal bisa terjadi.
Demikian uraian singkat mengenai rangkaian elektronika ini. Semoga bermanfaat. Ikuti pula artikel-artikel yang lain yang mungkin bermanfaat juga bagi anda mengenai alat bantu elektronika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar